Monday, April 26, 2010

Aku dan Kucing...

Kucing suka bermanja

Kucing suka dibelai

Kucing juga suka mengigit

Kucing suka dimanjai...

Petikan dari blog 'sebelah'
Sisa makanan kucing hukumnya suci. Hadis Kabsyah binti Ka’b bin Malik menceritakan bahwa Abu Qatadah, mertua Kabsyah, masuk ke rumahnya lalu ia menuangkan air untuk wudhu. Pada saat itu, datang seekor kucing yang ingin minum. Lantas ia menuangkan air di bejana sampai kucing itu minum. Kabsyah berkata, “Perhatikanlah.” Abu Qatadah berkata, “Apakah kamu heran?' Ia menjawab, ''Ya.'' Lalu, Abu Qatadah berkata bahwa Nabi SAW prnh bersabda, 'Kucing itu tidak najis. Ia binatang yang suka berkeliling di rumah (binatang rumahan),' (HR At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Diriwayatkan dan Ali bin Al- Hasan, dan Anas yang menceritakan bahwa Nabi Saw pergi ke Bathhan suatu daerah di Madinah. Lalu, beliau berkata, 'Ya Anas, tuangkan air wudhu untukku ke dalam bejana.' Lalu, Anas menuangkan air. Ketika sudah selesai, Nabi menuju bejana. Namun, seekor kucing datang dan menjilati bejana. Melihat itu, Nabi berhenti sampai kucing tersebut berhenti minum lalu berwudhu. Nabi ditanya mengenai kejadian tersebut, beliau menjawab, 'Ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.' Diriwayatkan dari Dawud bin Shalih At-Tammar dan ibunya yang menerangkan bahwa budaknya memberikan Aisyah
semangkuk bubur. Namun, ketika ia sampai di rumah Aisyah, tenyata Aisyah sedang shalat. Lalu, ia memberikan isyarat untuk menaruhnya. Sayangnya, setelah Aisyah menyelesaikan shalat, ia lupa ada bubur. Datanglah seekor kucing, lalu memakan sedikit bubur tersebut.

Ketika ia melihat bubur tersebut dimakan kucing, Aisyah lalu membersihkan bahagian yang disentuh kucing, dan Aisyah memakannya. Rasulullah Saw bersabda, 'Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.' Aisyah pernah melihat Rasulullah Saw berwudhu dari sisa jilatan kucing,(HR AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq,dan Al-Daruquthni). Hadis ini diriwayatkari Malik, Ahmad, dan imam hadis yang lain. Oleh karena itu, kucing adalah binatang, yang badan, keringat, bekas dari sisa makanannya suci.

Dan aku dapati ada satu kajian yang dibuat merndapati bahawa kucing dapat mengurangkan stress dengancara membelainya... "Zaman dahulu kucing dipakai untuk terapi dengkuran kucing yang 50Hz baik buat kesehatan selain itu mengelus kucing juga bisa mengurangkan tahap stress"

Dari kecil ayah telah mengajar untuk menyayangi kucing... aku tak pernah jauh dari kucing... pada zaman kecik2 aku tak suka kucing sebab ia suka bermanja.... tapi kata ayah kucing pembawa rezeki dan kata ayah lagi binatang yang kita pelihara akan mendoakan kebaikan untuk tuan nya yang memberi makan dan perlindungan.... aku pula sangat suka melayan kucing... aku suka belai dan bermain2 dengannya....malah aku juga suka binatang2 comel disekeliling ku seperti tupai dan burung yang selalu membuat bunyi di tepi tingkap rumah ku... hahaha... inilah aku..

2 comments:

  1. teringat pada Abu..kucing kesayangan mama n baba

    ReplyDelete
  2. iyer... mesti awk rindu sangat2 kat Abu kan... nanti kita bela kucing lain ek...

    ReplyDelete

*

#

$

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...